Rabu, 19 Desember 2012
Banyak
yang mengira bahwa memiliki sebuah blog di website perusahaan mereka
merupakan tambahan yang tidak perlu, sesuatu yang tidak layak untuk
mendapatkan luangan waktu dan sumber daya tambahan.
Pada kenyataannya, memiliki sebuah blog dan
mempertahankan hal itu sama pentingnya dengan mencetak brosur dan
membuat katalog untuk klien penting. Memudahkan mereka untuk mengakses
dan membaca informasi tentang produk dan jasa Anda. Di sini saya coba
jelaskan beberapa alasan utama mengapa sebuah perusahaan harus mempunyai
blog.
Bidang apa yang dikelola oleh perusahaan Anda ?.
Teknologi informasi ?, manufaktur ?, jasa ?, atau pabrikasi ?. Saya
pastikan bahwa dalam bidang apapun perusahaan Anda bergerak, blog harus
tetap ada.
Blog adalah sesuatu yang dinamis, berbeda dengan
website profil yang biasanya cenderung statis, dimana calon klien tidak
lebih hanya diberi kesempatan untuk melihat profil Anda seadanya, tidak
ada asfek psikologi tentang bagaimana cara Anda melakukan interaksi
dengan calon klien sebelum yang melihat itu melakukan komunikasi
langsung dengan Anda.
Saya coba ambil contoh. Perusahaan Anda bergerak
dalam pengolahan susu, dari kondisi mentah sampai menjadi hasil olahan
di dalam kemasan.
Salah satu alasan orang mau mengkonsumsi susu adalah
faktor kesehatan. Mereka meyakini bahwa susu dapat menyehatkan. Meski
demikian, masyarakat cenderung tidak akan percaya begitu saja terhadap
kualitas susu olahan perusahaan Anda. Sebagian dari mereka ingin tahu
manfaat lebih jauh dari susu, khususunya susu yang akan mereka konsumsi,
yaitu susu produksi perusahaan Anda.
Melalui media blog, Anda dapat menunjukan bahwa
perusahaan Anda memang ahlinya dalam pengolahan susu sesuai dengan yang
dibutuhkan oleh masyarakat. Buatlah tulisan-tulisan yang berkaitan
dengan susu. Ini tidak hanya mencerdaskan masyarakat tentang betapa
pentingnya susu, tapi juga memberikan mereka gairah untuk mau minum
susu.
Dengan sedikit strategi viral, Anda dapat menyugesti para pembaca blog Anda bahwa susu yang paling tepat diminum adalah susu produksi perusahaan Anda.
Jangan lupa, bahwa di blog ada kolom komentar. Ada
kemungkinan Anda akan dihadapkan dengan berbagai komentar yang berbagai
macam, terutama pertanyaan. Itu tidak boleh diabaikan, Anda harus
telaten untuk menjawabnya sehingga bisa menjadi alasan mereka untuk
kembali mengunjungi blog perusahaan Anda. Semakin puas jawaban yang
diberikan, mereka akan semakin tertarik dan yakin bahwa perusahaan Anda
memang ahli di bidangnya.
Semakin konstan blog perushaan Anda dengan konten
yang segar dan relevan di bidang usaha Anda, semakin baik untuk optimasi
mesin pencari, atau yang biasa dikenal dengan istilah search engine optimisation (SEO).
Selama Anda menjaga konten yang berkualitas tinggi dan menggunakan kata
kunci yang tepat, blog Anda adalah cara yang bagus untuk membantu Anda
meningkatkan peringkat dan bahkan mendapatkan pertukaran link dengan
perusahaan terkait lainnya.
Ini adalah salah satu (contoh) strategi yang sekarang
mulai populer dimainkan oleh perusahaan-perusahaan hosting. Di blog
mereka, mereka menulis berbagai tips dan trik tentang pembuatan website.
Selain untuk menunjukan bahwa mereka memang ahlinya (sebagaimana
diuraikan di atas), ini juga memberi pengaruh terhadi optimasi situs
(profil) perusahaan mereka di mesin pencari (seperti Google, Bing,
Yahoo, Baidu, dan sebagainya) ketika orang mencari dengan kata kunci “Hosting”.
Situs-situ mesin pencari tidak boleh Anda abaikan.
Masyarakat sekarang mulai memiliki kecenderungan melemparkan semua
pertanyaan ke situs mesin pencari, tidak terkecuali untuh sebuah produk.
Perusahaan Anda memiliki akun Facebook atau Twitter
?, banyak teman dan pengikutnya ?. Kalau iya, sangat disayangkan jika
malah tidak punya blog.
Banyak yang membuat Facebook atau akun Twitter untuk
perusahaan mereka dan tidak yakin apa yang harus dilakukan sehingga
mereka akhirnya tweeting hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan
produk mereka. Di sini blog bisa masuk ambil peran dengan menulis
posting menarik kemudian menyebarkan link-nya di Facebook dan Twitter.
Anda mulai dapat mengarahkan percakapan dengan para pemangku kepentingan
yang paling penting, yaitu pelanggan Anda.
Ketika trafik semakin meningkat dan rangkingnya
semakin bagus, blog menjadi salah satu faktor termudah untuk memangkas
biaya promosi. Blog adalah platform yang besar untuk mempublikasikan
setiap promosi atau penawaran mendatang untuk produk yang akan Anda
pasarkan.
Ini juga merupakan tempat di mana Anda dapat
menampilkan produk-produk atau layanan baru dan menjelaskan bagaimana
mereka bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi klien atau konsumen
produk Anda.
Blog adalah cara yang fantastis untuk mencari tahu
apa yang pelanggan Anda pikirkan. Anda melakukan survey atau quisioner
kekepada publik untuk mengetahui apa yang mereka inginkan. Ini tanpa
biaya tambahan. Atau Anda juga bisa menangkap langsung setiap komentar
dari mereka dengan menyediakan halaman “Contact Us“.
Orang-orang akan cenderung lebih santai dan nyaman
untuk mengomentari blog dan bisa jadi Anda hanya akan menerima umpan
balik tentang beberapa hal yang sebelumnya Anda benar-benar tidak tahu
apa pandangan pelanggan Anda.
Blog bagi sebuah perusahaan sangat penting. Ia bukan
sekedar “suplemen sehat” untuk situs profil perusahaan Anda dengan
alasan SEO, tetapi juga membantu untuk membangun hubungan yang kuat
dengan pelanggan.
***
Semoga daftar alasan mengapa blog perushaan begitu
penting ini bisa menginspirasi, menambah wawasan, dan meyakinkan
perusahaan-perushaan di Indonesia (khususunya Usaha Kecil dan Menengah)
untuk melakukan ekspansi ke ranah online, khusunys blog.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Posts
- 9 Olahraga Yang Paling Ekstrim Di Dunia
- (tanpa judul)
- 6 Cara Menulis Artikel dengan Waktu 20 Menit !
- Kegunaan Nama Domain berdasarkan Inisialnya
- "Tanpa Messi Barcelona Hanya Tim Biasa"
- Fakta dan Mitos Demam
- Kaos Termahal Di Dunia 890 Juta !!!
- David Villa Menuju Ke Liverpool?
- Rayakan Kemerdekaan, Warga Perbatasan Kibarkan 1000 Bendera
- 7 Mitos Tentang Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Mantab gan, ditunggu kunjungan baliknya :)
BalasHapus