Mata pelajaran fisika pada umumnya dianggap sulit oleh sebagian besar siswa di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMU).
Rabu, 16 Januari 2013
Mata pelajaran fisika pada umumnya dianggap sulit oleh sebagian besar siswa di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMU).
Anggapan
ini berpengaruh besar terhadap hasil belajar fisika
di tingkat sekolah tersebut. Hanya siswa yang betul-betul berminat mendalami
fisika yang menunjukkan prestasi belajar
yang memuaskan.
Jika
mata pelajaran fisika sulit, bukan berarti mata pelajaran lainnya mudah bagi
siswa. Buktinya, pada mata pelajaran yang serumpun dengan fisika seperti
biologi dan matematika, nyaris menunjukkan hasil yang sama. Lalu dimana letak
persoalannya sehingga fisika dianggap sulit oleh siswa?
Berdasarkan
pengalaman emperis admin berlatih fisika, ada beberapa kondisi yang mendukung
anggapan keliru terhadap mata pelajaran fisika:
1.Materi
fisika banyak memiliki rumus dan rangkaian peristiwa abstrak. Apapun konsep
materi fisika di setiap kompetensi dasar, nyaris memiliki rumus. Padahal rumus
itu sesungguhnya berasal dari sebuah pernyataan biasa. Contoh, rumus berat
benda (W=m x g). Rumus ini berasal dari pernyataan; berat sebuah benda
merupakan perkalian antara massa benda itu dengan grafitasi bumi.
Di
sisi lain, abstraksi konsep fisika terlihat dari beberapa konsep materi fisika
seperti halnya teori atom. Pernahkah orang melihat anatomi atom dengan mata
telanjang? Seperti apa wujud atom yang sesungguhnya? Tidak pernah bukan?
Makanya digunakan teori atom Rutherford, Jhon Dalton, dan lain sebagainya untuk
menjelaskan struktur atom.
2.Model
pembelajaran yang kurang kondusif. Dari jajak
telusur melalui blog ini, diketahui bahwa kurangnya minat siswa belajar fisika
disebabkan oleh faktor pembelajaran. Pembelajaran dijalankan oleh guru dengan
strategi dan metode yang kurang menarik perhatian siswa.
3.Sikap
guru fisika kurang antusias dan bersahabat. Fisika memang butuh keseriusan
untuk menekuninya namun diperlukan sikap
santai, humoris dan bersahabat. Terlalu ketat menjalankan pembelajaran bukanlah
cara yang tepat untuk mengajak siswa menyenangi mata pelajaran. Yang paling
penting adalah, membuat siswa tertarik kepada gurunya terlebih dahulu. Jika sudah
demikian, ketertarikan terhadap mata pelajaran akan tumbuh secara alami.
4.
Keterbatasan alat dan media belajar. Persoalan ini bukanlah barang baru dalam
dunia pendidikan. Akan tetapi upaya melengkapi sarana belajar ini masih
setengah hati oleh pemerintah. Hal ini dirasakan terutama sekali sekolah di
pinggiran kota dan pedesaan. Fisika butuh alat untuk praktikum, butuh media
untuk mengkongkritkan materi yang bersifat abstrak.
Diyakini
benar, masih banyak lagi penyebab mengapa mata
pelajaran fisika dianggap sulit oleh siswa. Namun kali ini cukup sampai
disini. Terima kasih.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Popular Posts
- 9 Olahraga Yang Paling Ekstrim Di Dunia
- (tanpa judul)
- Kaos Termahal Di Dunia 890 Juta !!!
- 6 Cara Menulis Artikel dengan Waktu 20 Menit !
- Kegunaan Nama Domain berdasarkan Inisialnya
- "Tanpa Messi Barcelona Hanya Tim Biasa"
- Fakta dan Mitos Demam
- Twitter Akhirnya Luncurkan Verifikasi Akun Dua Langkah
- Penyebab Banjir di Jakarta
- David Villa Menuju Ke Liverpool?
0 komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih Atas Komentar Yang Anda Berikan !
Semoga Artikel Ini Bermanfaat U/ Anda ;)
Come Back ^_^