• 50 Widget Keren Untuk Blog Anda

    Widget merupakan cara untuk menambahkan beberapa pernak-pernik dan keunikan ke blog Anda. Apakah Anda ingin menampilkan statistik pengunjung blog anda atau menampilkan visitor situs anda yang terhubung ke situs web Anda, Anda bisa melakukannya dengan widget.

  • Fakta dan Mtos Demam

    Kesalahpahaman tentang demam sering terjadi . Banyak orang tua langsung panik ketika mendapati anaknya demam. Padahal tidak semua demam berbahaya. Namun demikian, demam juga tidak boleh diremehkan. Yang penting, saat anak demam tetaplah tenang dan coba cari tahu penyebabnya. Dibawah ini beberapa mitos seputar demam

  • Mitos Tentang Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

    Di balik banyaknya teknologi manusia saat ini, tentu saja tidak lepas dari beberapa mitos yang menjadi "budaya" sendiri untuk masyarakat banyak dan bahkan belum memiliki bukti kuat untuk di percayai hanya berdasarkan pengalaman satu-dua orang manusia.

  • Pesulap Dengan Tubuh Terpisah

    Seorang pesulap bernama Andy Gross baru-baru ini membuat sebuah "pertunjukan" yang sangat mencengangkan. Dengan tubuh tampak terbelah menjadi dua bagian pada bagian pinggang, Andy berkeliaran di taman dan jalanan yang masih dirahasiakan lokasinya. Berkat aksinya ini, Andy sukses menakuti para warga dan membuat mereka berlari menjauhinya.

  • Post Title 5

    Bagaimana Mencintai Seseorang

Jumat, 26 Juli 2013

Bandara Polonia dalam Bingkai Sejarah

Bandara Polonia dalam Bingkai Sejarah
sejarah bandara polonia medan
runaway bandara polonia/flickr
Landscappist.com - Sobat landscappist, kemarin telah kita dengar bahwa Bandara Kualanamu telah dioperasikan untuk menggantikan bandara Polonia Medan yang telah berhenti beroperasi. Beberapa hal pada Bandara Kualanamu memang masih dalam tahap penyelesaian termasuk jalan akses masuk sepanjang 17 km yang terkendala pembebasan lahan. Namun, tentunya bandara Polonia memiliki peran yang tidak sedikit dalam sejarah perkembangan penerbangan di tanah air.

Sejarah Bandara Polonia
Dalam sebuah artikel sejarah, sebelum menjadi sebuah bandara, Polonia merupakan lahan perkebunan, terutama tembakau Deli. Lahan tersebut sedianya disewakan oleh Sultan Deli kepada seorang berkewargaan Polandia bernama Baron Michaelsky. Dengan meningkatnya produksi tembakau dan sumber alam di Sumut, maka tentunya membuat arus transportasi meningkat pesat.

Tahun 1872 dia mendapat konsesi dari Pemerintah Belanda untuk membuka perkebunan tembakau di Sumatra Timur di daerah Medan. Kemudian dia menamakan daerah itu dengan nama Polonia, sebuah daerah di negeri kelahirannya. Tahun 1879 karena suatu hal, konsesi atas tanah perkebunan itu berpindah tangan kepada Deli Maatschappij (Deli MIJ) atau NV Deli Maskapai. Tahun itu terdapat kabar pionir penerbang bangsa Belanda van der Hoop akan menerbangkan pesawat kecilnya Fokker dari Eropa ke wilayah Hindia Belanda dalam waktu 20 jam terbang. Maka Deli MIJ yang memegang konsesi atas tanah itu, menyediakan sebidang lahan untuk diserahkan sebagai lapangan terbang pertama di Medan.  Pada akhirnya, pemerintahan Belanda yang saat itu menjajah Indonesia meminta secara khusus kepada Baron agar tanah yang disewanya pada Sultan Deli dapat diubah menjadi sebuah bandara.

Pada tahun 1924, setelah berita pertama tentang kedatangan pesawat udara itu tidak terdengar, maka rencana kedatangan pesawat udara kembali terdengar. Mengingat waktu itu sangat singkat, maka persiapan untuk lapangan terbang tidak dapat dikejar, akhirnya pesawat kecil yang diawaki van der Hoop yang menumpangi pesawat Fokker, bersama VN Poelman dan van der Broeke mendarat di lapangan pacuan kuda yakni Deli Renvereeniging, disambut Sultan Deli Sulaiman Syariful Alamsyah.

Setelah pesawat pertama mendarat di Medan, maka Asisten Residen Sumatera Timur Mr. CS Van Kempen mendesak pemerintah Hindia Belanda di Batavia, agar mempercepat dropping dana untuk menyelesaikan pembangunan lapangan terbang Polonia. Pada 1928 lapangan terbang Polonia dibuka secara resmi, ditandai dengan mendaratnya enam pesawat udara milik KNILM, anak perusahaan KLM, pada landasan yang masih darurat, berupa tanah yang dikeraskan. Mulai tahun 1930, perusahaan penerbangan Belanda KLM serta anak perusahaannya KNILM membuka jaringan penerbangan ke Medan secara berkala. Pada tahun 1936 lapangan terbang Polonia untuk pertama kalinya melakukan perbaikan yaitu pembuatan landasan pacu (runway) sepanjang 600 meter. 

Tahun 1928 pesawat KNILG mendarat pertama kali di bandara yang terletak di Kota Medan. Pesawat tersebut merupakan pesawat dari sebuah anak perusahaan KLM yang beroperasi di negeri Belanda, dan secara khusus memiliki fungsi pengangkutan sumber daya alam dari wilayah Sumatera Utara untuk dibawa keluar negeri.

Selanjutnya pada tahun 1932, tanah tersebut akhirnya sah menjadi milik Belanda, dan nama Polonia tetap dipilih untuk menghormati pemilik sebelumnya yang berkebangsaan Polandia. Pada tahun 1958, nasionalisasi aset negara dilakukan sejak kemerdekaan. Maka, setiap tanah yang dulunya dimiliki oleh perkebunan menjadi milik negara, sebagai dampak dari kemerdekaan Indonesia . Lahan-lahan yang tidak bertuan, diserahkan sepenuhnya ke negara. Polonia pun diserahkan seutuhnya ke negara dan Dinas Kehutanan. Saat itu, kehadiran Polonia di Medan menjadikan kota ini menjadi kota terbesar di Sumatera. Bahkan, pada akhir tahun 1970-an, Polonia membuka penerbangan ke Eropa, seperti Venesia dan Belanda. Dan tahun 1979, Polonia untuk pertama kali memberangkatkan haji. Tahun 1980-an, dari pemerintah Indonesia, penyelenggaraan Polonia diserahkan ke Perum Angkasa Pura (AP), dan pada tahun 1985, dari AP ke AP II.

Menurut Ali Sofyan yang menjabat sebagai Airport Service Manager Bandara Polonia Medan, mengatakan sejak mulai berdiri hingga saat ini, baru 2 kali mengalami perombakkan. Tepatnya pada bagian kanan (terminal keberangkatan domestik). ‘’Kalau perombakkan atau perluasan bangunan Polonia sudah dilakukan sekitar 2 kali ya. Karena lahan yang terbatas, Polonia tidak bisa di perluas lagi,” ungkapnya. Selain itu Sofyan juga menjelaskan bahwa tanah Polonia itu saat ini statusnya adalah tanah dari pangkalan TNI AU, yang kala itu diserahkan ke pemerintah untuk dikelola oleh Angkasa Pura “Jadi, tanah ini milik TNI, kita hanya pakai saja. Kalau kita pindah, ya dikembalikan,” lanjutnya.  Terdapat dua terminal penumpang di Polonia, satu terminal keberangkatan dan satu untuk kedatangan, dan jika ditotal luasnya mencapai 13.811 meter².
 
Data terakhir menyatakan bahwa Bandara Polonia mempunyai luas sebesar 144 hektar. Panjang landasan pacu adalah sepanjang 2.900 meter, sementara yang dapat digunakan sepanjang 2.625 meter (sehingga terdapat displaced threshold sebesar 275 meter). Hal ini terjadi karena banyaknya benda yang menghalang di sekitar tempat lepas landas dan mendarat. Polonia juga memiliki 4 taxiway dan apron seluas 81.455 meter. Polonia dirancang untuk dapat memuat maksimum sekitar 900.000 penumpang.
bandara polonia medan
bandara udara polonia dari udara/flickr

Sepanjang tahun arus penumpang Polonia cenderung meningkat antara 15 hingga 20 persen. Tahun 2003, arus penumpang di Bandara Polonia mencapai sebesar 2.736.332 orang, naik dari 2.090.519 orang pada tahun sebelumnya. Sedangkan, jumlah pergerakan pesawat adalah 36.359 pada tahun 2003, naik dari 29.894 pada tahun 2002. Tercatat ada 13.713 penerbangan domestik dan 4.387 penerbangan internasional dari Polonia pada 1998. Pada 2004 jumlahnya telah mencapai 35.100 penerbangan domestik dan 8.266 penerbangan internasional.
 
Rabu (24/7/2013) menjadi hari terakhir operasi bagi Bandar Udara Polonia di Medan yang sudah setelah 85 tahun berdiri. Suasana persiapan kepindahan terlihat jelas di bandara seluas 144 hektar ini. Kios dan pertokoan sudah banyak yang tutup. Suasana serupa juga terlihat di kompleks cargo bandara. Menurut indosiar.com skenario perpindahan akan dilakukan tepat pukul 00.00 atau Kamis tanggal 25 Juli dini hari, semua pesawat menuju Medan menurunkan penumpang di Polonia hingga pukul 03.00, lalu kembali terbang ke Bandara Kuala Namu untuk memulai pengoperasian di bandara baru tersebut. (wd)
 
Sumber : jpnn.com, hariansumutpost.com, satriayusrita.blogspot.com, indosiar.com, poloniaairport.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Yang Anda Berikan !
Semoga Artikel Ini Bermanfaat U/ Anda ;)
Come Back ^_^